Perhatian!



Blog ini membahas tentang misteri yang ada di dunia, tetapi saya paling menyukai artikel tentang CRYPTOZOOLOGY. Jadi, anda akan menemukan banyak artikel tentang itu.

Anda boleh copy paste, tetapi jangan lupa mencantumkan linkback ke blog ini.


Pedang Damaskus, Bukti Teknologi Masa Lalu?

Untuk pagi ini saya mendapatkan ide memposting tentang Perang Salib, tetapi entah kenapa saya ingin memposting tentang Pedang Damaskus yang terkenal itu. Seperti apa bentuk pedang damaskus dan bagaimana bisa pedang damaskus menjadi bukti teknologi modern di masa lalu? Saya akan mencoba mengulasnya disini.




The Damascus swords of the Middle East were legendarily sharp, strong and flexible. Now, an analysis of one of these weapons under an electron microscope reveals that the key to its properties is nanotechnology, inadvertently used by blacksmiths centuries before modern science.


Pedang Damaskus bukan sembarang pedang, karena pedang ini selain tajam juga kuat/ tangguh. Karena kebanyakan pedang apabila dibuat mungkin hanya akan memenuhi salah satu sifat pedang di atas saja. Misalnya, apabila pedang akan dibuat setajam mungkin maka pedang tersebut tidak akan kuat. Dan apabila pedang akan dibuat sekuat mungkin maka kemungkinan besar pedang tersebut tidak akan tajam. Oleh karena itu, pedang Damaskus adalah pedang yang bukan sembarang pedang karena mampu memenuhi 2 sifat pedang  tersebut sekaligus.


Di blacksmith (tempat pembuat pedang) sering menggunakan metode pattern welding untuk membuat pedang semacam ini, Untuk penjelasan pattern welding, silahkan klik disini. Tetapi teknik pembuatan pedang damaskus tidak menggunakan teknik di atas. Lalu menggunakan teknik apa? Saya tidak tahu, karena teknik ini begitu rahasia sehingga hanya pandai besi Damaskus di masa lalu yang mengetahuinya dan dapat membuatnya.



Oh ya, kehebatan pedang ini adalah dapat membelah sutera yang dijatuhkan ke atasnya, juga mampu
membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerusakan samasekali. Dan, di Masa perang salib dulu pedang ini digunakan oleh tentara islam pasukan Arab dan Persia dimana pedang ini telah melegenda dan menjadi pedang yang paling ditakuti oleh pasukan Crusader.

Dalam sebuah penelitian tentang pedang Damaskus ini, peneliti berhasil menemukan bahwa sebenarnya pedang legenda ini memiliki semacam lapisan kaca di permukaannya. Dan lapisan tersebut adalah karbon nanotube. Karbon ini mempunyai karakter yang luar biasa, kekuatannya 20-30 kali kekuatan baja paling kuat, demikian juga dengan kekerasannya. Jadi, tidak salah apabila pedang Damaskus dapat membelah sutera secara langsung atau menghancurkan tameng-tameng para Crusader. 

Baja pedang damaskus, ternyata memiliki struktur Karbon nanotube yang benar-benar kuat. Stuktur Karbon nanotube itu terdistribusi tertentu di dalam ferit. Dan, sampai sekarang belum ada ahli yang benar-benar dapat membuat pedang yang persis dengan pedang Damaskus ini. 

Lalu apakah ini salah satu bukti kehebatan Teknologi masa lalu manusia? Kalau jawaban saya pasti, ya.




Minggu, 15 Agustus 2010 di 06.55

13 Comments to "Pedang Damaskus, Bukti Teknologi Masa Lalu?"

enak buta penggal kepala orang ya>>?? pertamax ga nieh??

Selamat anda dapat pertamax dengan mudah, haha :)

walah, gagal pertamax. haha.

Asikkk Dapet Berapa liter nich ane gan???

Hmm, mungkin yang dapet pertamax itu sekian ratus liter aja buat bahan bakar :)

boleh juga nieh pedang, saya pesan 3 y?? tolong diantar kerumah. :)

Hehehe, saya bukan blacksmith...:D

waww, pedangnya bagus amat.
boleh tuh buat motong durian
pisau di rumah pada tumpul smw
wkwk

btw untuk yogi, thanx bwd ajakannya tukeran link
dgn snang hati aku mnerima

link blogmu udah aku pasang
jgn lupa link ku dpasang jg ya

maaf, salah nama
td aku ngetik yogi ya??

hehe
maap
maksudnya yovi

Hehehe, nggakpapa. Link akan segera saya pasang :)

bro, knp blog nya di hapus?? saya blm sempat download selock holmes nya, lg pula anda blm mengkompresnya menjadi 10MB. :D
klo blh saran buat blog baru ja bro, blog tempat curhat pengunjung, klo bnyk yg tau pasti rame tuh... (Semacam forum remaja)

Oh, itu karena saya sudah tidak tahan dengan komentar-komentarnya yang menggunakan kata tidak sepantasnya. Ya,dengan terpaksa saya hapus blog itu...

Posted by Anonim ( 27 Agustus 2012 pukul 16.20 )

keren artikelnya masbro! oiya coba kaji tentang ekspedisi caysel dong ama gunung padang kalo bisa hehe

Posting Komentar

Apabila anda ingin berkomentar:

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak mengandung unsur SARA
3. Dilarang menulis SPAM

About This Blog

Share |

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.