Perhatian!



Blog ini membahas tentang misteri yang ada di dunia, tetapi saya paling menyukai artikel tentang CRYPTOZOOLOGY. Jadi, anda akan menemukan banyak artikel tentang itu.

Anda boleh copy paste, tetapi jangan lupa mencantumkan linkback ke blog ini.


Amoeba Kecil yang Berbahaya

 Selamat pagi..kali ini saya datang dengan sebuah posting yang sering dibicarakan di internet,semoga saja pembaca tidak bosan. Amoeba, hewan kecil bersel satu ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Biasanya protozoa hidup di tempat yang lembab, berair atau semacamnya. Nah, kali ini kenapa saya mengangkat tema hewan kecil ini? Karena....silahkan anda membacanya dibawah.


 Amoeba berbahaya kali ini yang akan saya jelaskan kepada anda adalah Naegleria flowleri. Organisme kecil ini hidup di tempat yang biasanya berair, lembab tetapi hangat. Nah, apakah anda dapat menebak dimana dia dapat hidup nantinya? Dan kenapa bisa berbahaya?


Organisme kecil ini oleh wikipedia didefinisikan sebagai berikut:
Naegleria fowleri (pelafalan /nə'ɡlɪə.ɹiə/) (juga disebut "amuba pemakan otak") adalah protista yang hidup di air tawar yang hangat, yang bersuhu dari 25-35 derajat celcius. Amuba ini masuk kedalam grup Percolozoa atau Heterolobosea.
Sudah mengerti maksud pertanyaan saya yang di atas? Memang protozoa ini hidup di air hangat. Nah, bagian tubuh kita kan hangat, jadi amoeba ini juga hidup di dalam tubuh kita,yaitu di otak. Naegleria flowleri hidup dalam 3 tingkatan, yang pertama sebagai flagellata, kedua ameboid, dan ketiga cyst. Mereka masuk ke dalam tubuh kita biasanya melalui hidung, menjalar ke serat saraf, melewati tengkorak, dan memasuki otak. Nah,karena otak kita itu hangat, organisme ini berkembang biak di dalam otak kita. Organisme ini berkembang biak dengan membelah diri terus-menerus, sedangkan mereka memakan otak kita sedikit demi sedikit menggunakan alat penghisap dan perusak sel otak yang ada di permukaan tubuh mereka.


Setidaknya Terdapat sekitar 200 kasus infeksi Naegleria yang tercatat diseluruh dunia dalam 40 tahun terakhir. Kasus yang telah dilaporkan menunjukkan bahwa infeksi terjadi waktu orang Muslim berwudhu dengan membasuh hidung 5 X sehari terjadi pada petani muslim di Nigeria. Hati-hatilah karena hanya sedikit korban yang bisa diselamatkan


Apabila anda ingin melihat videonya klik disini


Jadi,hati-hatilah kalau berenang di air hangat ya, jaga hidung anda baik-baik menggunakan penjepit hidung apabila anda tidak ingin otak anda rusak


sumber: wikipedia dan videonya dari animal planet

Senin, 13 September 2010 di 09.19

7 Comments to "Amoeba Kecil yang Berbahaya"

ngeeeeeri awa bacanya, heheh

mengerikan kalau sampaituh hewan masuk ke otak. hiii

@Vhanz and Rahmat: Hati-hati aja ya ^_^

cara buat related postnya gmn bro??
gw dulu ad jg, tapi pas ganti template baru udh ga bs d mski lg...

hmm, ngeri juga ni amuba
apa perantaranya cuma lewat brenang aja bro??
ada prntara lain ga?

MEMORIES

Karena amoeba ini hidupnya hanya di air yang hangat saja bro arfian, jadi perantaranya ya air hangat itu :)

Posting Komentar

Apabila anda ingin berkomentar:

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Tidak mengandung unsur SARA
3. Dilarang menulis SPAM

About This Blog

Share |

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.